Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Google Rayakan HARDIKNAS

 

Google tanggal 02/05/2015

Gubrak Indonesia, Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei oleh seluruh rakyat Indonesia, tampilan halaman muka google.co.id edisi hari ini menampilkan sosok pahlawan nasional Republik Indonesia yang berjasa di bidang pendidikan yakni Raden Mas Soewardi Soerjaningrat yang lebih dikenal dengan nama Ki Hadjar Dewantara dalam Google Doodle-nya.

Google Doodle adalah logo-logo Google yang dimodifikasi sedemikian rupa yang ditampilkan pada saat ada peringatan tertentu pada setiap negara yang mendukung Google. Sudah sejak cukup lama koleksi google doodle yang dimiliki Google sendiri mulai diadakan.

Ki Hadjar Dewantara juga dikenal sebagai aktivis pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia, seorang kolumnis, seorang politisi, dan pastinya sebagai pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda. Ia juga diketahui sebagai pendiri Perguruan Taman Siswa, yaitu suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk memperoleh hak pendidikan.

Menteri Pengajaran Indonesia dalam kabinet pertama Republik Indonesia ini, juga terkenal dengan semboyan ciptaannya, tut wuri handayani, yang menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia. Atas jasa-jasanya dalam merintis pendidikan umum, Ki Hadjar Dewantara dinyatakan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dan kemudian hari kelahirannya dijadikan sebagai Hari Pendidikan Nasional dengan Surat Keputusan Presiden RI no 305 tahun 1959 tertanggal 28 November 1959.

Selamat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2015, semoga dunia pendidikan Republik Indonesia semakin jaya dan dapat dinikmati oleh anak bangsa di seluruh pelosok negeri.