Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Pengukir Kayu Muslim Buatkan Kursi untuk Paus Vatikan



GUBRAKER, Salem Hajdarovac, seorang pekerja kayu muslim asal Bosnia, sepekan terakhir mengaku sulit tidur. Dirinya masih kaget. Kejutan baru saja menghampirinya.

Tanpa firasat apapun, Salem mengaku diberi kehormatan mengukir kursi khusus yang akan diduduki Paus Fransiskus selama kunjungannya di Bosnia.

Hajdarovac, 61, dan putranya, Edin Hajdarovac, 33, adalah Muslim yang taat. Mereka mulai menggarap pesanan kursi pada hari Senin di bengkel kecil mereka di kota Zavidovici.

Mereka sengaja menunda pesanan lainnya agar bisa menghasilkan kursi yang sempurna saat digunakan pada 6 Juni mendatang.

Paus Fransiskus akan mengadakan Misa di Sarajevo sebagai upaya menjalin perdamaian di negara tersebut yang dilanda perang saudara dua dekade lalu.

Selama beberapa dekade, bengkel Hajdarovac telah banyak membuat suvenir bagi pengunjung makam suci Katolik Medjugorje. Tidak hanya itu, mereka juga membuat dekorasi untuk gereja dan masjid. Tetapi keluarga Hajdarovac menganggap kursi untuk Paus Fransiskus sebagai puncak karir mereka.

"Ini membuat saya sangat bahagia, karena membuat kursi untuk orang seperti itu adalah sesuatu yang besar dan penting," kata Edin seperti dikutip Dream dari laman Alarabiya, Sabtu, 4 April 2015.

Untuk saat ini, Salem mengaku masih merahasiakan desain kursi yang akan digarapnya. Yang pasti bahan kursi itu menggunakan kayu dari pohon kenari. Dan akan memiliki relief yang menggambarkan berbagai simbol-simbol keagamaan, seperti lambang Paus dan emblem dari tiga katedral di Bosnia.

Pendeta setempat, Miro Beslic, menggalang dana dari umatnya untuk membiayai pembelian material sementara keluarga Hajdarovacs akan membuat kursi tanpa dibayar.

"Seluruh negeri sedang krisis finansial tapi saat diberitahu bahwa ini untuk Paus, mereka langsung menerima usulan penggalangan dana."

Sumber : http://www.dream.co.id