Theme images by Storman. Powered by Blogger.

DONOR DARAH ALA GUBRAKER HONGKONG

Hongkong (1/3), Meski baru berdiri beberapa bulan, namun geliat Komunitas Gubrak Indonesia cabang Hongkong seolah tak mau dipandang sebelah mata. Pemandangan ini terlihat pada hari minggu (1/3/2015) di sebuah klinik Palang Merah Hongkong yang terletak di Causeway Bay. Gubraker HK (sebutan anggota komunitas) membuat inisiatif dengan melakukan kegiatan kemanusiaan berupa donor darah.

"Ini baru tahap awal saja. Persiapannya dadakan. Beberapa kawan karena kesibukan belum bisa turut serta. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi" kata Sri Rohayani, Gubraker asal Lampung yang sehari hari bekerja sebagai buruh migran Hongkong ketika ditanya soal kegiatan donor darah sore itu.

Dari data yang dihimpun Gubraknews, jumlah anggota Gubrak yang berdomisili di kota Hongkong memang belumlah terlalu besar. Berkisar di angka belasan dengan lokasi tinggal yang saling berjauhan. Ini yang menyebabkan sulitnya melakukan koordinasi. Di samping itu, jadwal libur kerja setiap anggota kadang tidak selalu bersamaan.

"Harap dimaklumi. Kita ini buruh. Kalau bos nggak ngasih libur, ya kita nggak bisa kemana mana" komentar gubraker asal Tulungagung, Tiara Bayu setelah menjalani proses pengambilan darah.

Sementara itu Korlap Gubrak Indonesia cabang Hongkong, Laila menegaskan bahwa kegiatan sosial semacam ini akan terus berusaha digalakkan lagi. Menurutnya, ini wujud kepedulian Gubraker terhadap sesama.

"Ini bisa dilakukan setiap orang. Nggak perlu mengeluarkan biaya. Cukup dengan modal stamina dan fisik sehat aja. Tapi manfaatnya sangat besar bagi orang lain" kata gadis lajang asal Banyuwangi yang sudah tiga tahun bekerja di Hongkong itu.