Theme images by Storman. Powered by Blogger.

5 TAHUN KOMUNITAS GUBRAK INDONESIA

Jakarta (22/3), Ada yang berbeda di ulang tahun Komunitas Gubrak Indonesia kali ini. Jika biasanya ulang tahun komunitas dirayakan dengan cara seremonial di dunia maya, kali ini Gubraker (panggilan anggota komunitas) juga memperingatinya di dunia nyata. Ada kegiatan donor darah, menyalurkan bantuan peralatan belajar ke beberapa TPA (Taman Pendidikan Al-Qur'an) dan juga pemotongan kue ulang tahun. Di dunia maya, tepat pada hari ulang tahun ke 5 (20 Maret 2015), puluhan anggota komunitas ramai-ramai memasang profile avatar Gubrak Indonesia di beberapa media sosial. Baik Facebook, BBM, Whatsapp dan lain sebagainya.
Puluhan Gubraker memasang profile Gubrak Indonesia (20/03)


Rangkaian peringatan ulang tahun ke lima Komunitas ini dibuka dengan peluncuran program baru bertajuk 'Gubrak For Iqro' di awal Februari. Ini adalah kegiatan pengumpulan dana sukarela dari anggota yang ditujukan kepada lembaga - lembaga pendidikan agama informal. Di awal peluncuran program, setidaknya Komunitas telah menyediakan 100 buku Iqro, 35 kitab Juz Amma, 25 buku Pesalatan, 20 buku Yasin Tahlil, 8 pack buku tulis dan alat penunjang belajar lainnya untuk tiga TPA berbeda. 
Salahsatu TPA yang dibantu komunitas

Kegiatan lain yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan ulang tahun Komunitas adalah donor darah yang diselenggarakan Gubrak Indonesia cabang Hongkong pada awal bulan Maret. Meski secara partisipasi masih sangat rendah, akan tetapi kegiatan sosial semacam ini bisa menjadi role model bagi cabang lain diberbagai belahan dunia.
Sri, peserta aksi donor darah

"Ibarat kehidupan, 5 tahun adalah usia yang masih tergolong belia. Baru belajar ngomong, belajar bersosialisasi. Semoga saja bisa terus konsisten" ungkap Ana Anatas, admin Sms Bangun Subuh Gubrak di sela - sela acara potong kue ultah Gubrak ke 5.

Komentar lain datang dari koordinator komunitas wilayah Cirebon Raya, Iin Syamsul Arifin. Pria yang sudah bergabung di komunitas sejak tahun pertama ini mengungkapkan unek-uneknya mengenai Gubrak Indonesia.

"Saya telah mengikuti sejak awal. Saya lihat komunitas ini memiliki prospek yang bagus ke depan. Setidaknya bisa jadi wadah bagi anak-anak muda yang ingin mengaktualisasikan gagasannya untuk kepentingan bangsa dan negara. Sukses selalu" kata Gubraker yang berdomisili di Losari, Cirebon ini.
Kopdar Ciganjur

"Saya banyak kenal komunitas di dunia maya. Dengan beraneka macam warna. Tapi soal kemampuan untuk terus survive, komunitas ini layak diacungi jempol. 5 tahun bukan masa yang singkat tentunya" imbuh Imamuddin, gubraker asal Sidoarjo Jawa Timur.

Dari keterangan Ketua Umum Gubrak Indonesia, Hafidz Atsani, rangkaian kegiatan ulang tahun Gubrak Indonesia ini akan ditutup dengan kegiatan Lomba Foto Kartini yang diselenggarakan 16 - 20 April 2015 di media jejaring sosial Facebook.

Kue Ultah ke 5 Gubrak Indonesia


Potong Kue Ultah
Gubraker Hongkong Peringati 5 tahun Gubrak