Theme images by Storman. Powered by Blogger.

KETIKA RELAWAN CAPRES BERMETAMORPHOSE

Salahsatu fenomena unik di perhelatan Pilpres 2014 lalu adalah menjamurnya kelompok kelompok sukarelawan pendukung kandidat. Ada yang di gagas oleh elite elite partai pendukung, tapi lebih banyak yang bersifat independen dan tidak terikat dengan hierarki partai politik. Salahsatunya adalah Komunitas Harmoni Hongkong. Sebuah komunitas yang di awaki para pekerja migran di kota Hongkong.
Komunitas Keluarga Harmoni Hongkong
Harmoni Relawan JKWJK

Ada yang berbeda dari kelompok yang keseluruhannya terdiri kaum hawa ini dengan kelompok sukarelawan pendukung capres lainnya. Jika kelompok lain lebih banyak memilih jalur politik, Harmoni Hongkong justru menempuh cara lain untuk mengaktualisasikan gagasannya. Yakni bermetamorphose menjadi gerakan sosial. 

Mengumpulkan donasi dari anggotanya, lalu menyalurkannya kepada pihak pihak yang membutuhkan terutama untuk kaum miskin papa yang mendapat musibah namun luput dari perhatian. Baik itu perhatian masyarakat, maupun perhatian dari pemerintah terkait.

"Bagi kami, urusan Pilpres sudah selesai. Kami tidak ingin larut dengan urusan rumit tentang politik. Lebih baik berbuat semampunya untuk kebaikan sesama umat manusia" kata Laila Fitriyah, salahsatu anggota Komunitas Harmoni kepada responden gubrakindonesia.com

Salahsatu inisiator Komunitas Harmoni, Eka Srikandi mengklaim bahwa gerakan sosial yang mereka galang murni untuk kegiatan amal dan tidak terkait dengan kepentingan kepentingan tertentu.

"Kami tidak meminta bantuan pihak luar. Selama ini kami menyisihkan uang dari kantong kami masing masing. Tapi jika ada pihak luar yang bersedia mendukung ide ini, kami terbuka untuk bekerjasama" tandasnya.

Selanjutnya, pekerja buruh Migran asal Lampung ini berharap, aksi sosial yang selama ini telah di rintis Harmoni bisa bisa berkembang lebih luas lagi. Terutama juga bisa tetap dilakukan manakala para pekerja buruh Migran ini kembali ke daerahnya masing masing.

Berikut beberapa aksi penggalangan dana dari Komunitas Harmoni Hongkong dalam rangka membantu sesama di berbagai daerah Indonesia,


By Responden Gubrak HK