Theme images by Storman. Powered by Blogger.

POLLING : JOKOWI – JK TERANCAM KALAH

                                              Pict : indonesia-baru.liputan6.com


Meski secara umum masih unggul, akan tetapi posisi pasangan Jokowi – JK tidaklah bisa di katakan aman. Setidaknya ini tergambar dalam jajak pendapat yang di selenggarakan Team Polling Gubrak (Tampoll Gubrak) mulai 24 Mei – 24 Juni 2014. Di mana pasangan Prabowo – Hatta memperoleh dukungan responden sebesar 47,4% dan hanya selisih sekitar 5% atas pasangan Jokowi – JK (52,6%). Survei dengan metode wawancara melalui jejaring sosial ‘Facebook’ ini melibatkan 1.197 responden yang berasal dari 34 Provinsi seluruh Indonesia dengan pengambilan sampel secara proporsional dan mengacu jumlah pemilih di tiap wilayah.

Untuk memudahkan kita menganalisa hasil polling ini, kami akan membagi peta pemilih menjadi tujuh zona wilayah. Di antaranya Zona Sumatera, Zona Banten – DKI, Zona Jawa Barat, Zona Jawa Tengah – DIY, Zona Jawa Timur, Zona Bali – Nusa – Kalimantan dan Zona Sulawesi – Papua.

Dari tujuh zona di atas, pasangan Jokowi – JK di prediksi akan memenangkan 4 (empat) zona wilayah. Di antaranya Zona Banten – DKI, Zona Jawa Tengah – DIY, Zona Jawa Timur dan Sulawesi – Papua. Sementara sisanya, Zona Jawa Barat, Zona Bali – Nusa – Kalimantan dan Zona Sumatera di menangkan pasangan Prabowo – Hatta.

Di Zona Sumatera, pasangan Prabowo – Hatta unggul dengan angka tipis 52,9% melawan Jokowi – JK 47,1%. Kantong kantong suara capres cawapres nomor urut satu ini di antaranya, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan dan beberapa provinsi lain yang jumlah penduduknya relatif kecil. Sementara Jokowi – JK unggul di Aceh, Sumatera Utara dan Lampung.

Di Banten – DKI, pasangan Jokowi – JK memimpin jajak pendapat dengan membukukan angka 57% dan di perkirakan menang di ibukota. Sementara pasangan Prabowo – Hatta mengumpulkan poin 43% dan berpeluang menang di provinsi Banten.

Prabowo – Hatta di ramalkan unggul mutlak atas rivalnya Jokowi – JK di Jawa Barat. Di Provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak ini Prabowo – Hatta unggul 67% atas lawannya yang hanya di dukung oleh 33% responden. Secara umum, Prabowo – Hatta menang di Jawa Barat bagian selatan. Sementara Jokowi – JK unggul di wilayah Pantura.

Bergeser ke Jawa Tengah – DIY. Di kandang PDI Perjuangan ini Jokowi – JK leading dengan angka meyakinkan yakni 67%. Sementara Prabowo – Hatta hanya mengais dukungan responden sekitar 33%. Jokowi – JK di perkirakan menang di hampir kabupaten/kota di Jawa Tengah serta DIY terutama di area selatan yang merupakan kandang utama Banteng.

Persaingan relatif ketat terjadi di Jawa Timur. Provinsi yang menyumbang sekitar 15% dari total pemilih ini menempatkan Jokowi – JK sebagai pemenang dengan memperoleh suara 52,8% sekaligus unggul tipis atas Prabowo – Hatta (47,2%). Jokowi – JK di prediksi memenangkan wilayah Mataraman dan beberapa kabupaten lain yang merupakan basis PKB. Sementara Prabowo – Hatta unggul di daerah tapal kuda dan Madura. Namun demikian, secara umum kedua pasangan bersaing ketat dengan selisih tipis di hampir setiap kabupaten/kota.

Di Zona Bali – Nusa – Kalimantan persaingan antar kedua pasang kandidat juga berlangsung ketat. Prabowo – Hatta memperoleh suara 50,3%. Jokowi – JK mendapat dukungan responden sebesar 49,7%. Jokowi – JK kemungkinan unggul di Bali dan NTT. Prabowo – Hatta menang di NTB dan Kalsel. Sementara di provinsi lain berlangsung relatif seimbang.

Pertarungan yang sangat jomplang agaknya akan terjadi di Zona Sulawesi – Papua. Di wilayah timur Indonesia ini Jokowi – JK menang telak di kisaran 76,8%. Sementara lawannya Prabowo – Hatta hanya mampu mengumpulkan dukungan 23,2%. Jika di Sumatera, Hatta Radjasa memiliki pengaruh yang cukup besar dalam mengatrol suara, di Indonesia Timur pengaruh JK yang merupakan putra asal Sulsel di perkirakan masih sangat besar.

Namun demikian, ini hanya sekedar hasil survey yang bisa saja berbeda dengan hasil sebenarnya. Apalagi dengan selisih angka sekitar 5%, peluang kedua pasang calon masih sangat terbuka. Dan seperti halnya survey Pileg lalu, Tampoll Gubrak kali ini juga tidak menyertakan pemilih yang belum menentukan. Dengan margin error sekitar 4% kami meyakini perolehan kedua pasang kandidat tidak akan jauh dari itu. Prabowo – Hatta di perkirakan akan memperoleh suara antara 43,38% - 51,38%. Sementara Jokowi – JK kemungkinan akan memperoleh suara 48,62% - 56,62%.

Berikut data fakta

Jumlah responden : 1.197
Area : 34 Provinsi
Metode : Wawancara jejaring sosial ‘Facebook’ (chatting)
Margin Error : 4%


1. Prabowo – Hatta : 567 (47,38%)
2. Jokowi – JK : 630 (52,62%)

Rincian

1. Zona Sumatera (253 responden)

A. Prabowo – Hatta : 52,9%
B. Jokowi – JK : 47,1%

2. Zona Banten – DKI (100 responden)

A. Prabowo – Hatta : 43%
B. Jokowi – JK : 57%

3. Zona Jawa Barat (215 responden)

A. Prabowo – Hatta : 67%
B. Jokowi – JK : 33%

4. Zona Jawa Tengah – DIY (179 responden)

A. Prabowo – Hatta : 33%
B. Jokowi – JK : 67%

5. Zona Jawa Timur (188 responden)

A. Prabowo – Hatta : 47,2%
B. Jokowi – JK : 52,8%

6. Zona Bali – Nusa – Kalimantan (146 responden)

A. Prabowo – Hatta : 50,3%
B. Jokowi – JK : 49,7%

7. Zona Sulawesi – Papua (116 responden)

A. Prabowo – Hatta : 23,2%
B. Jokowi – JK : 76,8%

Oleh : Team Polling Gubrak