Theme images by Storman. Powered by Blogger.

POLLING : TIGA PASANGAN BERSAING KETAT DI PILKADA LAMPUNG

Setelah di undur berkali kali, akhirnya Pilkada Lampung di gelar juga. Waktunya bertepatan dengan hajatan Pemilu Legislatif 9 April 2014. Tercatat ada empat pasang calon yang maju dalam Pilgub Lampung kali ini. Di antaranya Berlian Tihang - Mukhlis Basri dengan nomor urut 1 dan usung oleh PDI Perjuangan, PPP dan PKB. Nomor urut 2 di isi pasangan yang di usung Partai Demokrat, PKS, PKPB dan PDK, yakni Ridho Ficardo - Bachtiar Basri. Di susul Herman HN - Zainudin Hasan di urutan ke 3 dan di dukung oleh PAN dan belasan partai gurem. Terakhir pasangan yang di usung Partai Golkar dan Hanura dengan nomor urut 4, Alzier Thabaranie - Lukman Hakim.





Berdasarkan pantauan kami dalam survey sederhana yang di lakukan oleh Team Polling Gubrak, setidaknya ada 3 pasangan yang memiliki peluang untuk memenangkan kursi Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung. Yaitu pasangan Berlian Tihang - Mukhlis Basri, Ridho Ficardo - Bakhtiar Basri dan Herman HN - Zainudin Hasan. Ketiga pasangan ini di prediksi akan bersaing ketat dengan selisih yang sangat tipis. Sementara kandidat nomor 4 Alzier Thabranie - Lukman Hakim di ramalkan hanya menjadi penggembira dalam perburuan BE 1.

Di bawah ini hasil survey sederhana Team Polling Gubrak untuk Pilgub Lampung.

Jumlah Sample : 85 responden
Metode : Wawancara acak melalui jejaring sosial Facebook
Margin Error : 5 %

1. Berlian Tihang - Mukhlis Basri : 20%
2. Ridho Ficardo - Bachtiar Basri : 25,9%
3. Herman HN - Zainudin Hasan : 27%
4. Alzier Thabrani - Lukman Hakim : 5,9%
Tidak menjawab : 21, 2%

Perlu di ketahui, bahwa syarat untuk memenangkan Pilkada adalah menang dengan angka minimal 30%. Dari ke empat pasang calon di atas tak satupun yang sanggup mencapai angka dukungan minimal. Apalagi dengan margin error yang 5% serta masih tingginya angka belum menentukan (21,2%), ke tiga unggulan memiliki peluang yang relatif sama.

Pun demikian, ini hanya hitung hitungan jajak pendapat. Jumlah responden yang bisa di validasi juga sangat kecil. Artinya survey ini belum bisa di jadikan rujukan. Tapi jika mengacu pada survey Pilgub Sumsel beberapa waktu lalu, dimana kami hanya menganalisa 58 responden (lihat survey Pilgub Sumsel), survey Pilgub Lampung kali ini mungkin bisa di pertimbangkan akurasinya.

Dalam survey Pilgub Sumsel, Tampoll Gubrak memprediksikan sebagai berikut :

1. Eddy Santana Putra-Wiwit Tatung :  3,44%
2. Iskandar Hasan-Hafisz Tohir : 10,34%
3. Herman Deru-Maphilinda Syahrial Oesman : 25,86%
4. Alex Noerdin-Ishak Mekki :  32,75%
5. Belum Menentukan : 27,58%

Dan hasil versi KPUD Sumsel setelah putusan MK sebagai berikut :

1. Eddy Santana Putra-Wiwit Tatung :  13,76%
2. Iskandar Hasan-Hafisz Tohir : 9,26%
3. Herman Deru-Maphilinda Syahrial Oesman : 37,69%
4. Alex Noerdin-Ishak Mekki :  39,28%

Dari urut urutan perolehan resmi dan hasil survey kami yang hanya memakai data 58 responden tidak terlalu meleset jauh. Pasangan Alex Nurdin - Ishak Mekki memenangkan Pilkada dan Herman Deru - Maphilinda menjadi pesaing terdekatnya.

By : Tampoll Gubrak (Team Polling Gubrak)