Theme images by Storman. Powered by Blogger.

POLLING : DEMOKRAT MELESAT, PKB SIAP REBUT JATIM

Menjelang di gelarnya pemilu legislatif 9 April 2014, peta politik terus mengalami pergeseran. Posisi tiga besar memang masih di kuasai kandidat juara, yakni PDI Perjuangan, Gerindra dan Partai Golkar. Akan tetapi di papan tengah, pertarungan sengit masih terus berlangsung. Partai Demokrat yang pada survey periode bulan September - November 2013 lalu hanya memperoleh dukungan 5,5%, kini mulai merangsek ke posisi empat besar dengan dukungan sekitar 10,3%. Sementara PKB yang semula di dukung oleh 4,3% responden, dalam survey terkini (13 Januari - 27 Februari 2014) di prediksi mengalami kenaikan signifikan dan membukukan dukungan total responden 6,9%. Begitulah gambaran dari survey yang di gelar Team Polling Gubrak (Tampoll Gubrak) selama 46 hari dengan menggunakan metode wawancara pengguna jejaring sosial Facebook.



                                                          foto : www.skyscrapercity.com


Secara umum, kenaikan dukungan responden pada Partai Demokrat terjadi di hampir semua zona wilayah. Pencapaian ini kemungkinan akibat mulai meredanya pemberitaan media mengenai kasus korupsi yang menimpa kader kader Partai Demokrat. Di tahannya Anas Urbaningrum oleh KPK seolah menjadi titik balik bagi partai berlambang bintang mercy itu untuk kembali meraih dukungan masyarakat. Jika trend positif ini terus berlanjut, peluang Partai Demokrat untuk menjuarai kembali ajang pemilu lima tahunan terbuka lebar.

Trend positif juga di pertunjukkan PKB di survey terakhir Tampoll Gubrak. Partai dengan basis utama warga Nahdliyin ini di prediksi mengalami kemajuan penting terutama di basis basis NU. Yakni Jawa Timur dan Jawa Tengah. Di Jawa Timur, PKB di ramalkan akan bertarung ketat dengan PDI Perjuangan untuk merebut posisi nomer satu. Di Jateng, PKB juga mengalami peningkatan pesat dan berpeluang meraih posisi runner up. Sementara itu di Jawa Barat, geliat PKB juga mulai terlihat.

Manuver PKB yang menggelontorkan tiga nama capres (Mahfudz MD, Rhoma Irama dan JK) serta masifnya gempuran iklan di media massa , kini mulai memperlihatkan hasil. Jika trend ini terus berjalan positif, target PKB untuk masuk ke 3 besar sekaligus mengulang kembali prestasinya pada Pemilu 1999 dan 2004 agaknya bukan sesuatu yang mustahil. Berikut data fakta survey yang di lakukan oleh Team Polling Gubrak :

1. Partai Nasdem :  5,1%

2. Partai Kebangkitan Bangsa :  6,9%

3. Partai Keadilan Sejahtera :  8,3%

4. PDI Perjuangan :  15,9%

5. Partai Golkar :  13,1%

6. Partai Gerindra :  14,1%

7. Partai Demokrat :  10,3%

8. Partai Amanat Nasional :  4,5%

9. Partai Persatuan Pembangunan :  4%

10. Partai Hanura :  5,2%

14. Partai Bulan Bintang :  1,3%

15. Partai KPI : 0,7%

Belum menentukan : 10,6%

Jumlah Responden : 1000
Area : 34 Provinsi
Margin Error : 4%
Tingkat Keyakinan : 95%

by Team Polling Gubrak