Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Polling : PDI Perjuangan, Gerindra dan Partai Golkar Bersaing di Tiga Besar

Menjadi oposisi selama dua periode berturut turut rupanya membuat PDI Perjuangan merasa terpacu untuk terus bekerja keras dengan target yang sangat jelas. Yaitu menjuarai Pemilu 2014. Dengan modal soliditas, militansi, kerja keras serta momentum moncernya popularitas salah satu kader terbaiknya, Jokowi, kini PDI Perjuangan menjadi salah satu partai yang berpeluang besar memenangkan pemilu. Polling yang di gelar Tampoll Gubrak (Team Polling Gubrak) mulai tanggal 28 September – 28 November 2013 kemarin menggambarkan bagaimana geliat partai besutan Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri ini dalam menghadapi pemilu mendatang.

Polling yang diikuti 1000 responden jejaring sosial (facebook) dari 34 provinsi di Indonesia kali ini menempatkan PDI Perjuangan di tangga teratas dengan torehan nilai 14,1%. Di peringkat kedua, Partai Gerindra menempel ketat dengan perolehan suara 12,8%. Sementara Partai Golkar yang sempat memenangkan Pemilu 2004 dan menjadi runner up di pemilu berikutnya membuntuti di posisi ketiga dengan selisih yang juga tipis, 11,8%.

Dengan margin error sekitar 3%, posisi ketiga partai di atas sebenarnya masih sangat mungkin untuk berubah. Sementara di posisi keempat menyusul Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang membukukan dukungan sebesar 7%. Keberadaan PKS di zona empat besar ini sepertinya sangat mengejutkan, mengingat partai ini sedang gencarnya di dera kasus korupsi (nanti akan kita jelaskan). Di bawah ini hasil polling lengkapnya,

Waktu pelaksanaan : 28 September – 28 November
Tehnik : Wawancara melalui chatting inbox Facebook
Jumlah Responden : 1000
Margin Error : 3%

1. Nasdem : 4,2%
2. PKB : 4,2%
3. PKS : 7%
4. PDI Perjuangan : 14,1%
5. Partai Golkar : 11,8%
6. Partai Gerindra : 12,8%
7. Partai Demokrat : 5,7%
8. PAN : 1,9%
9. PPP : 2,6%
10. Partai Hanura : 5,4%
14. PBB : 0,6%
15. PKPI : 0,5%
Belum Menentukan : 29,2%

Pemetaan Basis Suara

Untuk memudahkan analisa survey, kami membuat tujuh zona besar untuk melihat bagaimana sebaran suaranya.

1. Zona Sumatera

Zona ini terdiri dari semua provinsi yang ada di pulau sumatera, termasuk juga Bangka Belitung dan Kepulaun Riau. Zona ini mewakili tak kurang dari 21% total pemilih di Indonesia. Di zona ini Partai Gerindra menjadi partai yang paling banyak di pilih dengan mengantongi dukungan sekitar 18,9%. Kantong kantong suara Gerindra di antaranya adalah Lampung, Sumsel, Riau, Sumbar dan Sumut. Walaupun tidak semuanya di menangkan Gerindra, akan tetapi provinsi provinsi di atas di kenal memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak. 

Peringkat kedua dan tiga di tempati PDI Perjuangan 13,2% dan Partai Golkar 12,8%. Kemudian di susul PKS, 9,9%. Provinsi yang di prediksikan akan menjadi barometer Sumatera kemungkinan adalah Sumatera Utara. Wilayah ini selain memiliki jumlah penduduk terbanyak di Pulau Sumatera, juga di huni banyak sekali etnis, suku dan agama yang komposisinya relative seimbang. PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar dan PKS di perkirakan akan bertarung sengit di sini. Di Provinsi Riau, Gerindra akan bertarung ketat dengan Golkar dan PDI Perjuangan. Di Sumsel, Partai Gerindra berpeluang besar menggusur dominasi Partai Golkar di sana. Sementara di Lampung Gerindra bertarung melawan PDI Perjuangan. Sedang Partai Demokrat yang pemilu lalu menjadi pemenang di zona ini di prediksikan hanya mampu survive di  Aceh.

SUMATERA  : 211 responden

1. Nasdem : 5,7%
2. PKB : 0,5%
3. PKS : 9,9%
4. PDI Perjuangan : 13,2%
5. Partai Golkar : 12,8%
6. Partai Gerindra : 18,9%
7. Partai Demokrat : 7,1%
8. PAN : 1,4%
9. PPP : 1,4%
10. Partai Hanura : 4,3%
14. PBB : 0%
15. PKPI : 0,5%
Belum Menentukan : 24,2%

2. Zona DKI – Banten

Pada pemilu 2009 lalu dua provinsi ini di menangkan oleh Partai Demokrat (DKI) dan Partai Golkar (Banten). Tapi untuk pemilu 2014, kemungkinan peta politik akan berubah. Di Jakarta, kemenangan Jokowi – Ahok dalam pilkada lalu seakan menjadi pertanda baik bagi partai pengusungnya yaitu PDI Perjuangan dan Gerindra. Dua partai ini menjadi yang paling banyak di pilih responden Jakarta. Keduanya di perkirakan akan bersaing ketat memperebutkan supremasi ibukota dalam Pemilu 2014 nanti. Pun demikian, PDI Perjuangan untuk sementara lebih di unggulkan oleh responden DKI.

Sementara di Provinsi Banten, tanda tanda runtuhnya dominasi Partai Golkar di provinsi paling barat pulau jawa ini terlihat nyata dalam polling yang kami gelar. PDI Perjuangan di perkirakan juga akan menang di provinsi ini. Di susul Gerindra, Golkar dan PKS dengan selisih yang cukup tipis.

Selain fenomena akan rontoknya Demokrat  (DKI) dan Golkar (Banten), ada hal menarik yang patut di cermati. Yaitu tentang PKS. Di pemilu lalu, PKS adalah pemenang kedua di Jakarta setelah Partai Demokrat. Bahkan di pemilu sebelumnya PKS pernah menjadi juara di ibukota. Akan tetapi di 2014 nanti, PKS di perkirakan akan habis di Jakarta. Kantong suara PKS di zona ini yang di prediksikan masih bisa dipertahankan adalah wilayah Banten timur. Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan.

BANTEN – DKI : 85 responden

1. Nasdem : 1,1%
2. PKB : 1,1%
3. PKS : 5,88%
4. PDI Perjuangan : 18,82%
5. Partai Golkar : 9,41%
6. Partai Gerindra : 16,47%
7. Partai Demokrat : 2,35%
8. PAN : 1,1%
9. PPP : 3,52%
10. Partai Hanura : 4,7%
14. PBB : 1,1%
15. PKPI : 0%
Belum Menentukan : 34,1%

3. Zona Jawa Barat

Walaupun 2009 lalu Partai Demokrat sempat mencuri kemenangan di sini, tapi Jawa Barat tetaplah Jawa Barat. Sejak orde baru, provinsi ini selalu menjadi basis kuat partai beringin. Kemenangan Partai Golkar secara nasional seringkali di tentukan oleh bagaimana mempertahankan suaranya di provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia ini (sekitar 17% dari total penduduk). Dalam survey Tampoll Gubrak selama 2 bulan ini, Partai Golkar di perkirakan akan kembali merebut Jawa Barat dengan mengumpulkan dukungan responden sekitar 15,6%.

Sebaran pemilih Golkar juga terlihat sangat merata. Baik di sepanjang Pantura maupun di Jawa Barat bagian selatan. Di perkotaan seperti Bandung, Depok, Sukabumi, Bogor dan Bekasi, Golkar di perkirakan akan bertarung sengit dengan PKS. Di wilayah pedesaan terutama Pantura, Golkar dan PDI Perjuangan di ramalkan akan saling berbagi kemenangan. 

Selain menjadi lumbung suara Golkar dan PDI Perjuangan, Jawa Barat juga menjadi basis utama Partai Keadilan Sejahtera. Partai yang oleh banyak lembaga survey di ramalkan akan tamat pada pemilu 2014 ini nyatanya masih relatif stabil. Setidaknya dalam survey Tampoll Gubrak, PKS masih di dukung kuat oleh responden dengan angka yang cukup tinggi, 10,6%. Dan Jawa Barat menjadi penyumbang suara terbesar bagi PKS secara nasional, selain tentunya wilayah Sumatera.

Jawa Barat : 179 responden

1. Nasdem : 3,9%
2. PKB : 3,9%
3. PKS : 10,6%
4. PDI Perjuangan : 12,3%
5. Partai Golkar : 15,6%
6. Partai Gerindra : 8%
7. Partai Demokrat : 5%
8. PAN : 1,7%
9. PPP : 3,9%
10. Partai Hanura : 4,4%
14. PBB : 1,1%
15. PKPI : 0%
Belum Menentukan : 29,6%

4. Zona Jawa Tengah – DIY

Selain berpeluang merebut kota Jakarta dan Banten, PDI Perjuangan juga di perkirakan akan menguasai Provinsi Jawa Tengah. Di daerah yang memang menjadi basisnya sejak lama, PDI Perjuangan di prediksikan unggul dengan selisih yang cukup signifikan dengan para pesaingnya dengan torehan nilai 18,1%. Di posisi kedua ada Partai Golkar yang meraup dukungan responden sebesar 10,1%. Lalu PKB yang membukukan dukungan 9,4%. 

Sebaran suara PDI Perjuangan di perkirakan akan sangat merata. Hampir di semua kabupaten/kota di Jawa Tengah. Terutama di daerah daerah yang selama ini menjadi basis utamanya. Yaitu di Jawa Tengah bagian selatan. Di selatan, PDI Perjuangan akan di uji pesaing kuatnya Partai Golkar. Sementara di utara, terutama di daerah santri, PDI Perjuangan akan bersaing melawan PKB.

Dengan populasi penduduk  35 juta lebih atau hampir 15% dari total penduduk Indonesia, tentu kemenangan di zona ini sangat berarti bagi partai manapun. Tak terkecuali bagi PDI Perjuangan yang sejak era reformasi belum pernah tergusur dari sini.

Jawa Tengah – DIY : 149 responden

1. Nasdem : 3,3%
2. PKB : 9,4%
3. PKS : 6,7%
4. PDI Perjuangan : 18,1%
5. Partai Golkar : 10,1%
6. Partai Gerindra : 6,7%
7. Partai Demokrat : 1,3%
8. PAN : 3,3%
9. PPP : 3,3%
10. Partai Hanura : 2,7%
14. PBB : 0%
15. PKPI : 0%
Belum Menentukan : 34,9%

5. Zona Jawa Timur

Provinsi ini di kenal memiliki jumlah penduduk terbanyak setelah Jawa Barat. Tak kurang dari 37 juta penduduk Indonesia tinggal di wilayah ini. Jawa Timur juga menjadi penyumbang pemilih sangat besar. Sekitar 15% lebih pemilih Indonesia berasal dari sini. Maka memenangkan Jawa Timur menjadi prestise tersendiri bagi partai partai. Pada pemilu 1999 dan 2004, daerah ini menjadi basis kuat PKB. Namun sayang, kendati menjadi basis utama PKB, partai yang didirikan oleh tokoh tokoh NU ini belum sekalipun berhasil mendudukkan kadernya sebagai pemimpin nomer satu di Jawa Timur.

Pada pemilu 2009 lalu, dominasi PKB di Jawa Timur mulai memudar. Partai Demokrat yang merupakan partai pendatang baru sukses menguasai Jawa Timur sekaligus mengantarkan kadernya duduk di kursi gubernur. Pengaruh PKB bukan saja memudar, akan tetapi lebih tragisnya harus rela duduk di peringkat empat setelah Demokrat, PDI Perjuangan dan Golkar.

Selain memudarnya pengaruh PKB, menurunnya performa Partai Demokrat  juga mengakibatkan konstalasi politik di Jawa Timur menjadi lebih menarik dari sebelumnya. Hasil polling Tampoll Gubrak kali ini secara jelas menunjukkan bagaimana serunya peta persaingan antar partai di Jawa Timur. Setidaknya ada lima parpol yang di perkirakan akan bertarung sengit. PDI Perjuangan, Partai Demokrat, PKB, Partai Golkar dan sang bintang baru Gerindra.

Dari hasil survey kami, PDI Perjuangan menempatkan diri sebagai kampium dengan torehan angka 14,6%. Menyusul Gerindra (10,8%), Partai Demokrat (9,5%), PKB (8,9%) dan Partai Golkar (8,3%). Sementara partai partai lain di prediksi hanya akan menjadi pelengkap saja dalam memperebutkan dominasi di  Jawa Timur.

Jawa Timur : 157 responden 

1. Nasdem : 3,8%
2. PKB : 8,9%
3. PKS : 1,3%
4. PDI Perjuangan : 14,6%
5. Partai Golkar : 8,3%
6. Partai Gerindra : 10,8%
7. Partai Demokrat : 9,5%
8. PAN : 1,9%
9. PPP : 3,2%
10. Partai Hanura : 5,1%
14. PBB :
15. PKPI : 0,6%
Belum Menentukan : 31,8%

6. Zona Bali – Nusa Tenggara – Kalimantan 

Zona ini meliputi provinsi Bali, NTT, NTB dan semua provinsi di pulau Kalimantan. Jumlah total penduduk dari kawasan ini sekitar 29,09 juta dan menyumbang jumlah pemilih kira kira 12% dari seluruh pemilih se Indonesia. Dalam survey kami, secara umum kawasan ini kemungkinan akan di menangkan oleh Partai Gerindra dengan keunggulan cukup tipis yaitu 16,5%. Di bawahnya menempel ketat PDI Perjuangan dengan mengumpulkan dukungan responden sekitar 13,2% dan Golkar 10,7%.

Di Provinsi Bali, dominasi PDI Perjuangan mendapat lawan yang cukup kuat, yaitu Gerindra. Dua partai ini di perkirakan akan menempati peringkat dua besar dalam pemilu 2014 nanti. Di Nusa Tenggara, baik NTB maupun NTT, Partai Gerindra di perkirakan akan unggul.  Hanura juga di prediksikan mendapat suara signifikan di sini.

Di Kalimantan Barat PDI Perjuangan dan Golkar bersaing seru dengan pendatang baru Nasdem. Di Kalimantan Selatan Golkar mendapat penantang kuat Gerindra dan PDI Perjuangan. Begitu juga dengan provinsi provinsi lain.

Bali – Nusa Tenggara – Kalimantan : 121 responden

1. Nasdem : 5%
2. PKB : 0,8%
3. PKS : 5,8%
4. PDI Perjuangan : 13,2%
5. Partai Golkar : 10,7%
6. Partai Gerindra : 16,5%
7. Partai Demokrat : 5%
8. PAN : 0,8%
9. PPP : 0,8%
10. Partai Hanura : 10,7%
14. PBB : 0,8%
15. PKPI : 1,7%
Belum Menentukan : 28%

7. Zona Sulawesi – Papua 

Kawasan ini meliputi Gorontalo, seluruh Sulawesi, Maluku dan Papua. Jumlah penduduknya sekitar 23 juta dengan menyumbang pemilih kurang lebih 9,5%. Selain menguasai zona Jawa Barat, Partai Golkar di perkirakan juga akan menguasai zona ini. Namun kali ini Golkar mendapat pesaing yang cukup kuat. PDI Perjuangan dan yang utama adalah Gerindra. Salah satu lumbung utama Golkar adalah Sulawesi Selatan. Provinsi ini memiliki jumlah penduduk 8 juta lebih dan terbanyak di antara provinsi lain di zona ini. Namun, performa Gerindra di zona ini juga cukup moncer. Partai ini di prediksikan akan merebut Papua.

Sulawesi Papua : 98 Responden 

1. Nasdem : 5,1%
2. PKB : 4%
3. PKS : 6,1%
4. PDI Perjuangan : 9,2%
5. Partai Golkar : 14,3%
6. Partai Gerindra : 13,3%
7. Partai Demokrat : 8,2%
8. PAN : 3%
9. PPP : 2%
10. Partai Hanura : 8,2%
14. PBB : 2%
15. PKPI : 1%
16. Belum Menentukan : 23,4%