Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Polling : Berkah Berpeluang Jungkalkan Karsa

Seperti yang di prediksikan sejak awal, pertarungan memperebutkan kursi kepala daerah Jawa Timur kali ini sepertinya tak lebih dari ulangan pada ajang yang sama di tahun 2008. Antara pasangan Karsa dan Kaji (sekarang Berkah). Karsa di usung oleh Partai Demokrat dan puluhan partai lain baik yang memiliki kursi di DPRD maupun partai non kursi. Sementara Berkah di sokong oleh PKB dan 4 partai non parlemen dengan total modal suara 15% lebih sedikit. Kompetitor lain pasangan Bambang DH - Said Abdullah di usung PDI Perjuangan dan terakhir pasangan independen Eggy Sudjana - M Sihat.

Dalam survey yang di gelar Tampoll Gubrak (Team Polling Gubrak) sejak tanggal 12 – 25 Agustus 2013, dominasi dua pasang kandidat (Karsa – Berkah) tak terbantahkan lagi. Survey yang di ikuti 771 responden jejaring sosial (facebook) dengan metode pertanyaan tertutup ini menempatkan Karsa di posisi pertama dengan torahan angka 28,79%. Di posisi kedua menyusul Berkah dengan selisih sangat tipis, yaitu 27,1%. Kandidat yang di usung PDI Perjuangan Bangsa berada di posisi ketiga dengan raihan angka 13,61%. Terakhir Eggy Sudjana – M Sihat memperoleh dukungan responden sebesar 1,16%. Sementara pemilih yang belum menentukan berjumlah 29,31%.

Dari penguasaan wilayah dengan mengacu pada sistem dapil (daerah pemilihan), Berkah di prediksikan memenangkan setidaknya 6 dapil, Karsa 5 dapil. Dua pasangan lain di ramalkan hanya menjadi penggembira saja. Tapi jika kita mengacu pada peta kabupaten/kota, pasangan Karsa masih unggul dari Berkah dengan menguasai setidaknya 15 Kabupaten/Kota. Mengalahkan Berkah yang unggul di 11 Kabupaten/Kota. Sisanya 12 Kabupaten/Kota relative seimbang.

Daerah yang mungkin di menangkan Karsa

Di wilayah tapal kuda setidaknya Karsa unggul di Bondowoso, Probolinggo dan Kabupaten Pasuruan dan kabupaten Sidoarjo. Karsa juga menang di Lumajang dan Jember. Wilayah dengan jumlah penduduk besar yaitu Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu di prediksikan juga di kuasai Karsa. Daerah lain yang menjadi lumbung suara Karsa adalah Mataraman. Pasangan ini setidaknya unggul di Trenggalek, Magetan, Madiun, Kota Madiun dan Tulungagung dengan keunggulan yang berbeda beda.

Daerah yang mungkin di menangkan Berkah

Pasangan yang mengusung jargon Jatim Berkah ini di prediksikan menguasai hampir semua kabupaten di pulau Madura. Mereka juga unggul di pesisir utara Jawa Timur seperti Gresik, Lamongan dan Tuban. Sementara di area Mataraman, Berkah sukses mencuri perhatian di beberapa kabupaten/kota semisal, Pacitan, Ponorogo, Jombang, Kota dan kabupaten Mojokerto serta Blitar. Di Jombang misalnya, pasangan ini di ramalkan akan unggul mutlak. Begitu juga dengan Kota Mojokerto. 

Daerah abu abu

Adalah tempat di mana antara Karsa dan Berkah bersaing ketat. Di antaranya Kabupaten Banyuwangi. Di sini 3 pasang calon (Karsa, Bangsa dan Berkah) bertarung sengit. Begitu juga dengan Kota Surabaya. Wilayah dengan jumlah penduduk besar ini juga menjadi ajang pertaruhan tiga pasangan itu. Kemudian Situbondo dan Kota Pasuruan juga di prediksikan menjadi ladang hidup mati bagi Karsa dan Berkah. Di area Mataraman, yaitu Bojonegoro, Kediri, Nganjuk dan Ngawi kemungkinan juga akan berlangsung sengit.

Hasil Polling

Periode : 12 -25 Agustus 2013
Jumah responden : 771


1. Soekarwo – Syaifullah Yusuf : 28,79%
2. Eggy Sudjana – M Sihat : 1,16%
3. Bambang DH – Said Abdullah : 13,61%
4. Khofifah – Herman : 27,1%
5. Belum Menentukan : 29,31%

Margin of error  : 5%

Melihat peta persaingan antara Karsa dan Berkah yang sangat ketat, kemungkinan apapun bisa terjadi. Keunggulan Karsa yang hanya 1% lebih bukan tolok ukur bahwa pasangan ini bakal keluar sebagai juara. Setidaknya masih ada 29,31% responden yang belum menentukan. Pun juga bagi pasagan nomer urut tiga, Bambang DH – Said Abdullah. Peluangnya masih terbuka lebar meski tidak lebih baik dari Karsa dan Berkah. Daerah daerah yang di prediksikan akan di menangkan oleh calon tertentu juga masih mungkin berubah. Lagi lagi pemilih mengambang menjadi penentu kemenangan. Namun demikian, siapapun yang akan keluar sebagai juara nanti, kami ramalkan tidak akan menang dengan angka yang mutlak. Kecuali ada imigrasi pemilih besar besaran di detik detik terakhir.

Terimakasih kepada responden kami yang bersedia meluangkan waktunya. Terimakasih juga kepada relawan relawan Team Polling Gubrak. Semoga pilkada Jatim kali ini menghasilkan pemimpin yang benar benar di harapkan oleh rakyat Jawa Timur.

By TAMPOLL GUBRAK


By TAMPOLL GUBRAK