Theme images by Storman. Powered by Blogger.

POLLING : TANPA KHOFIFAH, KARSA MENANG TELAK !!!

Tidak di loloskannya pasangan Berkah (Khofifah – Sumawiredja) oleh KPUD Jatim memberi keuntungan tersendiri bagi pasangan nomer urut satu yang juga masih berposisi sebagai incumben. Polling yng di gelar Tampoll Gubrak (Team Polling Gubrak) pada tanggal 17 – 30 Juli 2013 menunjukkan bahwa tanpa Khofifah, dominasi Soekarwo – Syaifullah Yusuf nyaris tak terbendung. 

Tidak tanggung tanggung, pasangan yang di usung oleh lebih dari 30 parpol ini sanggup mengumpulkan dukungan responden sekitar 45,69%. Jauh di atas pasangan dari PDI Perjuangan, Bambang DH – Said Abdullah yang hanya mengumpulkan dukungan sekitar 8,35% dan pasangan independen Eggy Sudjana – M Sihat dengan perolehan 0,26%. Pesaing utama Karsa justru adalah mereka yang belum menentukan pilihan alias pemilih abstain yang angkanya relative setara, yaitu 45,69%.

Materi polling : “Siapakah pasangan yang layak memimpin Jawa Timur 2013 – 2018 ?”

1. Soekarwo – Syaifullah Yusuf
2. Eggy Sudjana – M Sihat
3. Bambang DH – Said Abdullah
4. Belum Menentukan 

Hasil polling sebagai berikut :

1. Soekarwo – Syaifullah Yusuf : 45,69%
2. Eggy Sudjana – M Sihat : 0,26%
3. Bambang DH – Said Abdullah : 8,35%
4. Belum Menentukan : 45,69%
Total : 383 Responden
Margin of error : 5%

Bambang DH – Said Abdullah yang digadang – gadang mampu memberi perlawanan serius pada pasangan incumben rupanya tak mampu berbuat banyak. Dukungan responden pada pasangan ini malah lebih rendah di banding modal suara partainya di parlemen DPRD Jatim yang mencapai 17%. Pasangan yang merupakan kader PDI Perjuangan ini juga terbukti gagal menggaet suara pendukung Khofifah. Dari pantauan team kami, sebagian besar pendukung Khofifah menyatakan tidak akan menggunakan hak pilih jika Berkah tidak lolos. Sebagian lain menyatakan akan mengalihkan dukungannya pada pasangan nomer urut satu. Hanya sedikit sekali yang mengatakan kepada kami bahwa mereka akan mengalihkan dukungannya pada lawan lawan Karsa. 

Kami memang tidak secara jelas menghitung berapa pemilih Khofifah yang mengalihkan dukungan pada Karsa dan berapa suara pendukung Berkah yang memilih untuk golput. Karena memang itu tidak menjadi fokus pertanyaan kami terhadap responden. Akan tetapi jika merujuk polling sebelumnya (akhir Januari 2013) di mana kami membuat simulasi pilgub Jatim yang hanya mempertemukan Karwo dan Khofifah, maka jelas sekali dukungan masyarakat Jawa Timur pada Khofifah masih sangat besar. Berikut data polling yang kami lakukan melalui sms pada akhir Januari 2013 dengan pertanyaan sederhana : 

Pilih siapa ?

A. Soekarwo
B. Khofifah
C. Tidak Tahu


Dari polling itu kami mendapatkan jawaban, 34,61% responden menyatakan memilih Khofifah. 23,07% mendukung Soekarwo dan 42,3% menyatakan tidak tahu.  

 
DKPP Loloskan Khofifah, Peta Berubah

Keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang mengabulkan gugatan pasangan Berkah sepertinya akan mengubah peta persaingan. Kendati keikutsertaan Berkah belum di putuskan secara definitif oleh KPUD Jawa Timur, akan tetapi jika benar pasangan ini lolos, pihak yang paling terancam sudah pasti adalah pasangan incumben. Mengingat, kemenangan Karsa sedikit banyak karena limpahan suara dari para pendukung Berkah. Maka, hasil polling terakhir kami yang menyatakan Karsa menang dengan angka 45,69% bisa tidak berarti apa apa.

Oleh sebab itu, Tampoll Gubrak dalam waktu dekat akan segera menggelar polling susulan untuk mengukur elektabilitas setiap pasangan yang akan bertarung dalam pilkada Jawa Timur. Kita tunggu saja, apa yang akan terjadi kemudian.

by Tampoll Gubrak