Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Aher - Deddy Mizwar, Selangkah Menuju Gedung Sate

Sempat mengalami penurunan pasca meledaknya kasus suap daging sapi impor, elektabilitas pasangan Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar kembali menunjukkan trend kenaikan. Setidaknya itu tergambar dalam polling terakhir yang kami selenggarakan pada tanggal 17-21 Februari 2013. Mengambil sample tiga wilayah, yaitu Bandung, Bogor dan Cirebon, dengan jumlah responden relatif sedikit (40 responden) polling Gubrak kali ini seolah hanya penegasan saja terhadap hasil hasil jajak pendapat serupa yang pernah kami selenggarakan. Baik setelah KPUD Jawa Barat mengesahkan 5 pasangan calon maupun polling sebelumnya.

                                                                     Pict : viva.co.id

Pasangan yang di usung PKS, PPP dan Hanura ini secara meyakinkan membukukan angka kemenangan sebesar 37,5%. Di susul kemudian pasangan nomer urut tiga Dede Yusuf – Lex Laksamana di posisi dua dengan total dukungan sekitar 27,5%. Sementara pasangan Rieke Dyah Pitaloka dan Teten Masduki membuntuti di tempat ketiga dengan torehan angka 20%. Lalu, Yance –Tatang 12,5% dan terakhir Dikdik – Cecep 2,5%. Jumlah responden 40, dengan margin error 5%.

Berkaca pada angka angka di atas, kiranya kami memprediksikan Pilkada Jawa Barat kali ini hanya akan berlangsung satu putaran. Sebab untuk memenangkan kursi Jabar 1 dan 2 kemenangan yang di perlukan hanya 30% plus satu. Dengan margin error 5%, rasanya sulit sekali bagi para pesaing kancing beureum ini untuk mengubah keadaan.

Dalam hal penguasaan wilayah berdasarkan analisa di polling polling sebelumnya, kami memprediksikan Ahmad Heryawan akan memenangkan hampir seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat. Perlawanan sengit dari para pesaingnya hanya terjadi di beberapa titik. Di Bandung, Cimahi, Sumedang dan sekitarnya, Heryawan akan adu kuat melawan pasangan Dede Yusuf – Lex Laksamana. Di Majalengka dan Depok, Aher - Demiz akan berebut suara dengan Rieke – Teten. Sementara di Tasikmalaya, Indramayu dan sekitarnya Aher – Deddy bakal di hadang Yance  - Tatang. Sisanya di menangkan secara meyakinkan oleh pasangan yang incumbent itu.

By Team Polling Gubrak