Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Polling : Mahfudz MD Kandidat Terkuat 2014

"Polling kali ini seolah menegaskan hasil survey serupa yang di gelar Lembaga Survey Indonesia di mana juga menempatkan Mahfudz MD sebagai kandidat paling layak memimpin Indonesia. Perbedaannya, LSI menggunakan sample dari kalangan penentu opini (leader opinion) yang rata rata berisikan para tokoh atau pengamat politik, sedang kami memakai sample kalangan umum. Artinya, jika kita menggunakan dua acuan ini maka bisa di tarik kesimpulan bahwa ternyata mantan Ketua DPP PKB ini tidak saja di percaya oleh kalangan atas, tapi juga di minati rakyat"
 
Mahfudz MD dalam acara diskusi Gusdurian, Wahid Institute (by Suryo Tanggono)


Pada tanggal 6 Januari 2013 lalu, Tampol Gubrak (Team Polling Gubrak) menggelar survey kecil kecilan dengan tema “Siapakah Tokoh Yang Layak Memimpin Indonesia 2014”. Metode yang kita pakai adalah dengan cara mengirim sms berupa pertanyaan seperti di atas ke 800an nomer ponsel. Dari sms yang kami sebar, 31 nomer memberikan jawaban. Rata rata responden menyebut tiga nama tokoh nasional yang menurut mereka layak memimpin Indonesia 2014 mendatang. Namun demikian, ada pula yang hanya menyebut satu atau dua nama saja.

Perlu di ketahui oleh pembaca, responden kami berasal dari beberapa wilayah di Indonesia, dengan rentang usia 17 – 55 tahun dan dengan latar belakang pendidikan maupun profesi beraneka macam. Jajak pendapat kali ini memang terbilang sepi peminat. Biasanya setiap kali kita menggelar jajak pendapat, responden yang bersedia memberikan jawaban angkanya dua kali lipat bahkan lebih dari itu. Banyak sebab. Mungkin responden belum yakin dengan tokoh tokoh yang muncul atau barangkali karena belum jelas apakah tokoh tokoh itu benar benar akan menjadi kandidat atau tidak. Pun demikian, polling ini setidaknya bisa memberi gambaran tentang siapa tokoh yang di inginkan rakyat sebenarnya.



Mahfudz MD paling di minati

18 dari 31 responden atau separuh lebih menyebut nama tokoh asal Madura yang pernah menjadi Menteri Pertahanan era Gus Dur dan kini menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi ini. Dari 18 responden yang menyebut nama ahli hukum tatanegara ini, 5 di antaranya bahkan tidak memberikan jawaban lain kecuali hanya nama Mahfudz MD yang mereka sodorkan. Artinya, hampir sepertiga pemilih sangat yakin bahwa Prof Dr Mahfudz MD layak memimpin Indonesia mendatang.

Polling kali ini seolah menegaskan hasil survey serupa yang di gelar Lembaga Survey Indonesia di mana juga menempatkan Mahfudz MD sebagai kandidat paling layak memimpin Indonesia. Perbedaannya, LSI menggunakan sample dari kalangan penentu opini (leader opinion) yang rata rata berisikan para tokoh atau pengamat politik, sedang kami memakai sample kalangan umum. Artinya, jika kita menggunakan dua acuan ini maka bisa di tarik kesimpulan bahwa ternyata mantan Ketua DPP PKB ini tidak saja di percaya oleh kalangan atas, tapi juga di minati rakyat.

Di posisi kedua, ada 3 nama tokoh yang di gadang gadang menjadi pengganti SBY. Di antaranya, Dahlan Iskan, Prabowo dan Jokowi. Masing masing di pilih oleh 9 responden. Kemudian ada nama mantan Wakil Presiden RI, Yusuf Kalla yang di pilih oleh 6 responden.

Yang menarik, Prabowo yang dalam survey versi LSI hanya menempati urutan ke 16 alias papan bawah ternyata cukup mendapat tempat di hati masyarakat. Ini menandakan bahwa pendapat elite memang tidak sepenuhnya sejalan dengan pendapat masyarakat. Begitu juga dengan nama Jokowi yang sama sekali tidak masuk orbit dalam survey LSI, nyatanya cukup populer di mata rakyat, bahkan mampu bersaing dengan nama nama beken lainnya.


Rhoma kuda hitam, ARB tamat

Sempat berniat mencalonkan diri sebagai Presiden  dan di isukan mendapat dukungan dari PKB namun belakangan gaungnya tak terdengar lagi, nama pemimpin Soneta Group ini rupanya masih mendapat tempat di hati masyarakat. Setidaknya nama Raja Dangdut legendaris ini di minati oleh 4 responden. Nama Rhoma Irama bahkan menurut jajak pendapat kami popularitasnya masih di atas Megawati, Aburizal Bakrie, Wiranto dan lain lain.

Bicara soal Aburizal Bakrie yang belakangan merubah inisial namanya menjadi ARB. Pria yang juga Ketua Umum Partai Golkar ini pamornya tidak terlalu mengesankan di mata masyarakat. Iklan pencalonan dirinya di media massa yang begitu gencar tak juga mampu mengatrol popularitasnya. Jangankan untuk menyodok di tangga teratas, bahkan dengan sesama kader Golkar lainnya (JK), ARB masih kalah populer. Responden kami yang memilih nama ARB hanya 3 orang. Angka ini sama dengan perolehan Megawati.


Berikut hasil lengkap Polling Gubrak

1.Mahfudz MD : 18
2. Dahlan Iskan : 9
3. Jokowi : 9
4. Prabowo : 9
5. Yusuf Kalla : 6
6. Rhoma Irama : 4
7. Megawati : 3
8. Aburizal Bakri : 3
9. Any Yudoyono : 2
10. Abraham Samad : 1
11. Amien Rais : 1
12. Sultan HB X : 1
13. Wiranto : 1
14. Anis Baswedan : 1

Total responden : 800
Yang menjawab : 31
Team Polling Gubrak : Hafidz, Yuyun, Imam, Harun, Lestari, Isti