Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Relawan Gubrak

GUBRAK. Ini rumah kita....
Banyak yang bilang ini sarang santri. Tapi menurutku sebetulnya nggak juga. Di sini ada merah, putih, hijau, hitam bahkan abu abu (yang PKS juga ada loh).
Kita di satukan oleh semangat. Semangat untuk menatap hari depan lebih indah. Semangat toleransi seraya mengikis segala egoisme sektarian. Semangat persaudaraan dan kesetaraan. Semangat untuk membangun gagasan. Dan pastinya semangat bangun pagi (bagi yang suka bangun pagi. He he he).


Oleh Mohammad Hafidz Atsani di Kongkow Bareng Gubraker

Selalu ada teman yang luar biasa untuk ide yang luar biasa.

Ketika 2 kali nomer pusat SBS di blokir operator, terus terang saya merasa sedikit shock.
Bukan lantaran nomer yang kita pakai sudah terlanjur familiar (cantik lagi...)
Bukan soal keharusan untuk melapor ke operator untuk membuka blokir
Dan juga bukan soal biaya...

SBS (Sms Bangun Subuh) buat GUBRAK (dan yang pasti buatku) adalah sesuatu yg lebih bernilai dari Page, Group maupun Blog yang kita punya di dunia maya.
Bagaimanapun, SBS inilah yang membuka sejarah GUBRAK. Ia yang menginspirasi kita untuk membentuk Komunitas dahsyat ini. Komunitas unik yang padahal di galang dari segmen segmen lapis bawah dan terkecil. Dengan peralatan seadanya dan tentunya belum pernah punya kantor, apalagi akte pendirian. Varian keanggotaannyapun buat saya sungguh luar biasa. Di GUBRAK anda bisa temui semua model manusia. Dari yang alim hingga berandalan, dari yang intelektual sampai yang lebay. Dan tentunya lintas umur. Ini kekuatan hebat yang merepresentasikan kehidupan sosial kita.

GUBRAK. Ini rumah kita....
Banyak yang bilang ini sarang santri. Tapi menurutku sebetulnya nggak juga. Di sini ada merah, putih, hijau, hitam bahkan abu abu (yang PKS juga ada loh).
Kita di satukan oleh semangat. Semangat untuk menatap hari depan lebih indah. Semangat toleransi seraya mengikis segala egoisme sektarian. Semangat persaudaraan dan kesetaraan. Semangat untuk membangun gagasan. Dan pastinya semangat bangun pagi (bagi yang suka bangun pagi. He he he).
Gubrak sepertinya memang berpotensi menjadi katalisator, yang menyatukan banyak pikiran. Menempatkan keanekaragaman sebagai sumber kekuatan. Seorang kawan mengatakan, kalau anda terlalu miring ke kanan, ke kiri atau kebanyakan mendongak ke atas, bergabunglah bersama GUBRAK. Bengkel kami akan siap sedia memperbaiki kerusakan otak anda. Ha ha ha ha

Kembali ke SBS.
Pasca adanya insiden blokir operator seluler (akibat kelebihan kuota sms), terus terang saya nyaris putus asa akan kelangsungan layanan unik bangun pagi ini. Ada 700 nomer yang tadinya biasa kita sms tiap pagi. Biasanya kita menggunakan 2 HP untuk operasi. Sekarang aturan operator seluler untuk urusan sms broadcast di batasi. Sms massal di atas 200 nomer bisa terancam blokir oleh operator. Saya waktu itu sempat berpikir untuk menambah lagi peralatan. Setidaknya jika ada 4 HP/4 nomer, 700an Gubraker SBS bisa teratasi. Nggak perlu HP mahal. Yang 100ribupun kalau ada insya Allah jalan.
Hari kedua pasca blokir saya menyiapkan uang untuk mengusahakan itu. Nyari HP murah dengan fasilitas sms grouping yang memadai. Dan.....????
Gagal. Sudah 3 konter saya datangi. Nggak satupun punya produk yang saya maksud. Kalaupun ada, fasilitas groupingnya nggak ada. Artinya kalau kita paksain, sms subuh kita kirim secara manual (satu satu). Haduhhh.... stres juga. 700 nomer dengan sistem pengiriman manual. Bisa keriting nih jempol.
Akhirnya saya putuskan pulang aja. Barangkali kalau ketemu istri, ketemu solusinya ( Ha ha ha ha.....)

Hari hari selanjutnya, saya coba telpon teman teman terkait soal ini.
Respons yang saya terima macem macem. Tapi intinya satu. Komunitas harus tetap di rawat. Ini aset besar yang sudah kita perjuangkan, yang sudah kita galang dengan segenap kekuatan.

Selalu ada teman luar biasa untuk ide luar biasa.

Ya....!. Nyatanya bukan hanya saya yang ketar ketir. Banyak sms masuk menanyakan soal sms subuh. Kok saya kesiangan terus...!, kok nggak ada sms lagi....! Gubrak udah bubar ya...?. Dan belasan sms lain yang tentunya melecut kembali semangat saya untuk terus maju.

Oke...! sms kita lanjutkan. Tapi untuk 700 saya nggak bakal bisa. Alatnya cuma 2. Mesti ada relawan yang bersedia membantu kami. Minimal 300-400 nomer bisa di cover.
Sebetulnya sejak dulu saya sering tawarkan ke teman untuk mengambil alih tugas ini sebagian. Tapi belum ada tanggapan. Susah bangun pagi,nggak bisa istiqomah, biaya sms dst...

Orang pertama yang saya datangi kang Aang Arif Amrullah. Kebetulan rumahnya dekat, teman seperjuangan dan dulu juga punya gagasan untuk itu juga. (Katanya : Jangan sampai pahalanya di ambil Komandan semua...). Ha ha ha

Dan alhamdulillah........
Gagal...!!!.
Selain alasan teknis (HPnya jadul), juga yang pasti nggak bisa jamin istiqomah bangun pagi.
(Akhirnya ku pulang seperti orang dungu, Ebiem Ngesti mode on)

Menyerah ?
Belum.

Selain kita coba share di KBG, saya coba usahakan telpon yang lain (kali aja siap).
Saya telpon Rohmah Nafis (Lamongan),mas Adie (Blitar), Ahmad Suyuthi (Sumenep), mas Harun (Cirebon), mas Joko (Karanganyar), Husnul Hotimah (Pamekasan), Nazili Gapura (Sumenep), mas Imam (Sidoarjo), kang Kholid (Cirebon), Mbak Fitrie (Batam), Heldania (Lampung) dan entah berapa lagi yang kita telpon.(beberapa di antaranya nggak mau terima telpon, hemmm sibuk kali). Ampe telinga rasanya panas dingin. Ha ha ha haPokoknya BERUSAHA!!!!

Dan seperti pepatah diatas. Selalu ada teman yang luar biasa untuk ide luar biasa.
Satu persatu gayung di sambut. Akhirnya terkumpul 6 relawan.
Ada :
Ahmad Suyuthi
Nazili Gapura
Imamuddin Al Porongi
Adie Rey Mysterio
Lestari Bunda Zahwa
Fitrie Ibrahim Titania
(Pokok'e... I Love You FULLLLLLLLLLLL!!!!!)

Seminggu setelah rehat, SBS kembali beroperasi. Dengan admin baru, semangat baru dan tentunya gagasan baru yang lebih dahsyat. Terakhir bahkan kita udah berani buka lagi pendaftaran layanan SBS baru. Dan sekarang udah 800an Gubraker yang mendapatkan layanan SBS. Kita juga sudah menyiapkan admin cadangan jika terjadi ledakan anggota lagi. Urusan pulsa. Alhamdulillah kendati nggak 100%, ada saja yang membantu kita. Makasih buat kawan kawan yang sudah membantu mendonasikan pulsa.

Khusus untuk donasi pulsa, kita batasi nggak boleh lebih dari 10ribu (Kalau banyak banyak malah jadi ujian buat admin), trus jangan nyumbang 3 bulan berturut turut (bagi bagi pahala lah...). Dan usahain jangan kirim pulsa ke nomer Axis (soalnya stok pulsa udah full).

Sepertinya, nggak ada yang nggak mungkin jika kita ada kemauan.
Terima kasih buat semuanya.....
I love you....!
He he he he....